cara kerja mesin motor 4 tak atau 4 langkah

cara kerja mesin motor 4 tak atau 4 langkah

cara kerja mesin motor 4 tak atau 4 langkah adalah dengan membakar campuran udara dan bahan bakar dalam silinder atau ruang pembakaran. pembakaran dilakukan dengan cara memercikan api kedalam campuran udara dan bahan bakar tersebut. perikan api dihasilkan oleh tegangan tinggi dari Coil atau kumparan yang di umpankan ke Busi. dari hasil pembakaran ini akan menghasilkan energi Power Motif secara Auto, sehingga ilmu yang mempelajari tentang mesin 4 langka disebut automotif. disinilah asal kata Automotif. dikatakan 4 langkah karena untuk menghasilkan energi ini membutuhkan 4 proses didalam silinder. selain itu ada juga mesin dengan proses dua langkah. sehingga disebut mesin 2 tak.

ke empat langkah tersebut adalah
1. Intake. campuran udara dan bahan bakar ditarik kedalam silinder
2. Compression. campuran udara dan bahan bakar di mampatkan/kompresi ke dalan silinder
3. Power. campuran udara dan bahan bakar di ledakkan didalam silinder
4. Exhaust. gas kotor hasil ledakan di keluarkan
wah canggih juga ya proses yang terjadi. pastilah penemunya seorang yang jenius. ya iyalah, dialah bpk  Nicolaus Otto sang penemu mesin 4 tak. kalau tidak ada beliau apakah tidak akan ada mesin 4 tak? tentu saja ada. dan pastilah orang lain. karena diluar negeri seorang penemu sangat banyak jumlahnya dan saling klaim. siapa lebih dulu beliaulah yang akan di catat dalam sejarah.

Cara kerja mesin 4 tak selengkapnya
  • Intake. katup intake (intake valve) atau klep akan terbuka karena piston bergerak turun dan akan menghisap campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang pembakaran. Cam Lobe di Camshaft mendorong keatas salah satu ujung rocker arm dan ujung lainnya mendorong kebawah.
  • Compression. saat piston bergerak kembali keatas katup intake atau klep menutup dan mengunci silinder. gerakan piston keatas ini akan memampatkan campuran udara dan bahan bakar
  • Power. saat campuran udara dan bahan bakar benar benar mampat, busi akan membuat sebuah percikan api dan akan terjadi ledakan didalam silinder. ledakan ini akan mengakibatkan timbulnya Motif Power yang akan menggerakkan piston kembali ke bawah dan menggerakkan/memutar Crankshaft. bisa diibaratkan ketika kita membuat sebuah Long sewaktu kecil dulu saat bulan puasa, Long bisa melontarkan benda yang kita pasang diujung Long. sedang pembakaran terjadi saat kita memicunya dengan memasukan api ke mulut Long. contoh lain adalah Meriam untuk perang.
  • Exhaust. saat piston bergerak kembali keatas katup Exhaust atau knalpot akan terbuka, dan akan mengeluarkan sisa hasil pembakaran dalam bentuk gas. kemudian akan melewati knalpot untuk meredam suara. katup intake akan mulai terbuka sebelum piston mencapai batas perjalanannya. hal ini memungkinkan gas buang harus benar benar dikeluarkan. Cam lobe pada Camshaft mendorong keatas salah satu ujung Rocker Arm dan ujung lainnya mendorong katup buang. hal ini akan membuka katub buang.
pada mesin 4 tak Honda terdapat tiga jenis konfigurasi katup menurut posisi dan jumlah camshaft. ketiga jenis tersebut adalah
  • OHV (Over head Valve). disebut juga mesin Pushrod, camshaft dipasang dibawah kepala silinder dan katup digerakkan oleh Pushrod dan Rocker Arms. mesin OHV ini memiliki konfigurasi yang sederhana sehingga mudah dirakit.
  • OHC (Over Head Camshaft). Camshaft dipasang di kepala silinder dan secara langsung mendorong Rocker Arm ke atas. mekanisme ini memungkinkan kecepatan mesin yang tinggi dan output daya meningkat dibandingkan dengan mesin OHV.
  • DOHC (Double Over Head Camshaft). dua buah Camshaft dipasang di kepala silinder dan mendorong katup kebawah tanpa Rocker Arms. mesin DOHC digunakan terutama pada mesin motor olah raga balap karena menghasilkan RPM mesin yang tinggi dan Output daya yang besar dibandingkan mesin OHC.
Komponen Komponen Mesin 4 Tak atau 4 langkah
  • Katup,Klep, atau Valve. terdapat dua jenis katup. intake dan knalpot
  • Ports. adalah sebuah jalur di kepala silinder. 
  • Camshaft. adalah poros dengan oblong lobes atau cam lobes pada porosnya
  • Rocker Arms. berfungsi mengirim gerakan ke Cams Katup
  • Piston. bergerak naik turun didalam silinder akibat tekanan tinggi ledakan bahan bakar
  • Piston Rings. terpasang pada piston untuk memperketat ruang pembakaran, melepaskan panas piston dan mencegah minyak mesin masuk ruang pembakaran.
  • Pin Piston. silinder berongga yang menghubungkan piston dengan conecting rod
  • Connecting Rod. menstransmisikan daya yang diterima oleh piston ke Crankshaft
  • Crankshaft. mengubah gerakan bolak balik piston menjadi gerak putaran. menyalurkan Motif Power ke transmisi melalui kopling.
  • Cam Chain. berupa rantai untuk menstransmisikan putaran Crankshaft ke camshaft
  • Busi. mengeluarkan percikan api untuk membakar ampuran udara dan bahan bakar saat kompresi
  • Valve Timing. waktu dimana Intake dan Exhaust membuka dan menutup
  • Top/bottom Dead Center
  • Intake Valve Timing
  • Exhaust Valve Timing
  • Valve Overlap
Pergerakan Klep/katup/Valve pada Mesin Motor 4 langkah
perputaran Crankshaft menggerakkan Camshaft melalui roda gigi Timing Sprocket, Cam Sprocket, Cam Chain (rantai). ini akan menyebabkan Rocker arm menggerakkan katup intake dan katup knalpot terbuka atau menutup.

Perputaran Crankshaft dan Camshaft pada Mesin Motor 4 langkah
Timing Sproket dipasang pada Crankshaft dan Cam Sprocket dipasang pada Camshaft. kedua Sprocket ini dihubungkan dengan sebuah Cam Chain atau rantai. jumlah gigi pada Cam Sprocket dua kali jumlah gigi pada timing Sprocket. shingga pada mesin 4 tak Camshaft berputar sekali dan crankshaft berputar 2 kali. kondisi ini memungkinkan terjadinya 4 langkah pada mesin, yaitu Intake, Compression, Power, dan Exhaust.

Pergerakkan Cam dan Rocker arm pada Mesin Motor 4 langkah
Camshaft mempunyai Cam atau benjolan (bubungan) berbentuk bulat telur atau lonjong. Major Axis dari masing-masing Camadalah lebih panjang dari Minor Axis. pada saat Cam berputar Rocker arm didorong keatas sesuai dengan perbedaan antara kedua Axis yang menimbulkan pengangkatan klep. masing-masing Rocker arm dipasang pada poros rocker arm pada kepala silinder. saat Cam berputar rocker arm didorong keatas sehingga ia berputar di sekitar poros rocker arm. ini mendorong klep masuk ke dalam

First
0 Komentar