Perawatan Aki Sepeda Motor

Aki atau baterai pada sepeda motor ada 2 jenis. yaitu
  1. Aki yang memerlukan tambahan air suling. disebut juga Vented Batteries atau Baterai berventilasi
    aki motor berventilasi atau vented baterai
  2. Aki yang tidak memerlukan tambahan air suling. atau Valve Regulated Batteries atau Valve Regulated Batteries Lead Acid (VRLA). yaitu Baterai Timah Asam yang diatur dengan klep.
    aki motor VRLA
Aki atau Baterai VRLA ada 2 jenis, yaitu basah dan kering. Aki atau Baterai ini termasuk jenis baterai MF (Maintenance Free) atau bebas perawatan. atau disebut juga baterai yang disegel. baterai VRLA tidak menghasilkan gas saat pengisian. jadi tidak ada lubang pembuangan. baterai ini juga tidak memerlukan penambahan air suling.

paket aki kering VRLA

Fungsi Aki atau Baterai pada sepeda motor
  1. selama mesin dalam keadaan mati dan pada waktu penghidupan mesin. baterai yang memasok listrik ke semua komponen listrik
  2. pada putaran mesin rendah sewaktu daya listrik yang dihasilkan oleh generator lebih rendah daripada yang diperlukan oleh komponen komponen listrik, baik baterai maupun generator memasok listrik ke komponen komponen listrik tersebut.
  3. pada kecepatan mesin tinggi sewaktu daya listrik yang dihasilkan oleh generator listrik lebih tinggi dari pada yang diperlukan oleh komponen-komponen listrik, baterai menyimpan listrik yang diterima dari generator.
Pengisian dan pelepasan energi listrik pada aki motor
pengisian energi listrik adalah untuk menyimpan energi listrik didalam baterai. pelepasan energi listrik adalah untuk mengeluarkan energi listrik yang tersimpan dalam baterai. oleh karena energi listrik yang disimpan didalam baterai terpakai saat pelepasan, baterai ttidak dapat dipakai, kecuali apabila baterai didisi terlebih dahulu.

Memperrsiapkan Aki baru pada sepeda motor
untuk Aki berventilasi atau Vented Batteries dan Baterai VRLA tipe kering harus dimasukan elektrolit terlebih dahulu sebelum dipakai. setelah di isi dengan takaran yang pas dalam banyak kasus Aki bisa dapat langsung digunakan tanpa harus di charge terlebih dahulu. akan tetapi ada kalanya harus di charge terlebih dahulu, tergantung dari kondisi penyimpanan Aki dan faktor lain.

untuk Aki VRLA atau Lead Acid tipe basah tidak perlu dimasukan Elektrolit, pabrik sudah memasukkanya saat produksi. sebelum memakai Lead Acid atau VRLA basah ukurlah terlebih dahulu Voltase. jika voltase kuran dari 12 volt sebaiknya di charge terlebih dahulu.

Menyiapkan Baterai baru berventilasi atau vented batteries pada sepeda motor
jauhkan dari api saat penyiapan Aki. masukan elektrolitdengan berat jenis 1,280 pada suhu 20 derajat celcius kedalan Vented Baterai. sebelum melakukan pengisian periksa botol elektrolit bahwa berat jenisnya 1,280. Hidrogen dan Oksigen akan keluar saat cairan elektrolit dimasukkan.
  1. persiapan. letakkan Aki pada nampan yang rata. bersihkan bagian atas Aki dari debu, debu dapat memperburuk kinerja Aki jika masuk sel aki.
  2. pelepasan. llepas tutup sel dengan obeng, lepas juga segel saluran pipa pernafasan Aki atau ventilasi. dan segel tidak perlu dipasang lagi.
  3. memasukkan Elektrolit. pasang selang ditutup atas boto elektrolit, kemudian isiakan elektrolit pada setiap sel. tinggi permukaan elektrolit akan turun dalam waktu singkat setelah memasukkan. jadi periksalah dan tambahkan jika telah menurun. dan tambahkan terus sampai batas atas UPPER LEVEL. jangan sampai melampui UPPER LEVEL. jika melampui keluarkan lagi.
  4. melakukan pemeriksankembali tinggi elektrolit. setelah elektrolit dimasukkan dan tinggi elektroloit tidak berubah setelah 20 menit dipastikan elektrolit sudah menyebar rata ke sel Aki. jika ternyata ada yang turun di bawah UPPER LEVEL silahklan tambahkan lagi.
  5. pemeriksaan Aki setelah pengisian elektrolit. ukurlah berat jenis elektrolit menggunakan Hydrometer apakah untuk kerja Aki akan memuaskan.jika berat jenis rendah silahkan Charge Aki.
  6. melakukan pemasangan tutup sel.
Menyiapkan Baterai atau Aki Lead Acid atau VRLA tipe kering pada sepeda motor
  1. melakukan pelepasan segel kedap udara
  2. melakukan pemeriksaan elektrolit
  3. melakukan pelepasan penutup
  4. memasukkan elektrolit
  5. melakukan pembuangan pack elektrolit
  6. pemasangan tutup segel kedap udara
  7. melakukan pemeriksaan voltase baterai. ukur tegangan Aki menggunakan Multimeter Digital, jika tegangan dibawah 12,4 sebaiknya Aki di Charge dulu.
Menyiapkan Baterai atau Aki Lead Acid atau VRLA tipe basah pada sepeda motor
tidak diperlukan pengisian elektrolit. pabrik sudah memasukkannya terlebih dahulu. yang perlu kita lakukan adalah mengukur voltase baterai. jika voltase aki di bawah 12.4V sebaiknya di Charge dulu. silahkan baca informasi pada stiker baterai atau aki untuk lebih jelasnya.

Perawatan Aki motor jenis Vented Batteries biar lebih awet
secara berkala periksalah selalu ketinggian elektrolit. jika elektrolit turun dibawah UPER LEVEL segera tambahkan air suling sampai batas UPPER LEVEL lagi.

secara berkala lepas kedua ujung kabel pada kutub baterai atau aki, bersihkan selalu kerak-kerak atau kotoran yang menempel pada kutub baterai + dan -. jika tidak dibersihkan akan memakan kutub hingga akhirnya kutub menjadi tipis dan sekerup tidak bisa menmpel dengan kencang dan mengakibatkan Listrik masuk dan keluar akan terganggu. jangan lupa pasang kembali kabel.


Previous
Next Post »
0 Komentar