Mengganti aki baru sepeda motor honda

Aki kering atau basah yang masih baru dari toko belum terisi cairan elektrolit, jadi kita harus mengisinya sendiri. Jadi istilah aki kering sebenarnya tidak kering kerontang ya sobat.
Cairan elektrolit jadi 1 paket dengan aki baru. Elektrolit aku kering dan basah juga berbeda.

Kebetulan sepeda motor honda butut saya sudah tidak bisa di stater lagi, nyala lampu sein dan klakson sudah sangat melemah. Saatnya ganti aki.

Aki yang saya beli bermerek Fukura dibuat di Purwokerto Jawa Tengah, Indonesia. Bangga juga ya negara kita sudah bisa produksi Baterai sendiri.

Okelah langsung saja saya berbagi bagaimana cara mengganti aki baru sepeda motor honda


  1. Buka ventilasi pernafasan aki, aki juga butuh pernafasan untuk saluran pembuangan gas.
  2. Buka 6 penutup sel dengan cara di congkel pakai obeng minus, bukan diputar.
  3. Tuangkan cairan elektrolit bawaan aki. Isi hingga batas upper level.
  4. Tunggu setengah jam
  5. Lakukan pengukuran tegangan, jika tegangan sdh 12.4 segera isi ulang atau setrum aki.
  6. Pasang pada motor, jangan lupa pasang selang pernafasan du ventilasi aki
  7. Tes klakson, lampu sein, dan tentu saja staternya...san greeng langsung nyala

Bisa saja aki tidak di strum dulu, tapi gak boleh langsung untuk stater. Biarkan sampai beberapa kali Motor di pakai jalan untuk mengisinya secara alami.

Aki yang langsung buat starter tanpa disetrum dulu bisa mengakibatkan over discharger  yang membahayakan sel.
Previous
Next Post »
0 Komentar